Sabtu, 09 Maret 2013

Es Cincau Pak Paidi "Kumis"


Es cincau adalah sejenis minuman beragar. Agar-agar yang terdapat dalam minuman ini dibuat dari perasan daun cincau, sehingga biasanya agar-agar yang ada di es cincau berwarna hijau. Akan tetapi ada beberapa inovasi yang dilakukan oleh penjual es cincau sehingga agar-agar yang berasal dari daun cincau ini menjadi berwarna lain seperti merah muda.
Selain cincau hijau Ada juga cincau yang berwarna hitam alami.



Terdapat Seorang penjual Es Cincau yang sangat terkenal, beliau tinggal Di Desa Rowobayem, kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo adalah salah satu contoh pembuat dan penjual Es Cincau, dia adalah generasi Kedua yang meneruskan proses pembuatan secara tradisional es cincau tersebut, namanya adalah Pak Paidi, namun karena beliau memiliki Kumis yang Khas, pelanggannya sering memanggilnya dengan nama Pak Paidi "Kumis"



Biasanya Pak Kumis berangkat menjajakan Es Cincau nya jam 08.30 Wib, dengan menggunakan sepeda kayuhnya yang telah di modifikasi sedemikan rupa, beliau menjajakan dagangannya mulai dari rumahnya, lalu ke sekolah-sekolah, yaitu di SDC Kemiri, SLTP PGRI, SLTP N Kemiri (di desa kerep) dan terakhir di seputar pasar Kemiri.



Tetapi tak jarang pula di setiap acara hiburan, semisal Kuda lumping, beliau juga menjajakan Es Cincau disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar